Categories
Edukasi untuk Anak

Ingin Anak Berwawasan Luas, Berikan 7 Channel Youtube Edukatif Ini

Fenomena Perkembangan Zaman

Semakin berkembangnya zaman teknologi, terutama sejak pandemi berimbas ke banyak sektor kehidupan. Termasuk ke dalam kehidupan keluarga, dimana sekarang sudah jarang melihat anak-anak bermain dengan teman-teman seusianya di luar atau di dalam rumah. Pemandangan yang sering terlihat di zaman sekarang, anak-anak yang lebih sibuk menatap layar gadget masing-masing. Hal ini menimbulkan beberapa dampak negatif diantaranya, anak yang jarang berkomunikasi dengan sesamanya dan tidak melatih kemampuan motoriknya. Resiko terburuk adalah saat anak menonton yang seharusnya bukan untuk anak seusianya.

Pada dasarnya fenomena ini tidak bisa dihentikan. Terutama sejak pandemi, ketika anak-anak diharuskan belajar di rumah dan akhirnya lebih terbiasa dengan gadget daripada keluar dan bermain dengan orang lain. Bahkan, dikutip dari ibupedia.com seorang ibu mengaku bahwa anaknya susah makan kalau tidak sambil main gadget. Entah itu sambil bermain game, menonton youtube, dan lainnya, anak tersebut harus memegang gadget barulah ia mau makan.

Cara Mengatasinya?

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP) di healthchildren.org, menggunakan gadget bukanlah kebiasaan yang baik untuk anak  di bawah usia 18 tahun.  Ini karena otak bayi membutuhkan waktu  satu setengah tahun untuk berkembang dan memahami gambar  apa yang ditampilkan di layar, apa yang akan yang dilihatnya dalam kehidupan nyata. Anak Anda pada dasarnya hanya tertarik menatap benda berwarna-warni yang  bergerak di layar gadget. Ketika anak anda terlihat sangat fokus, sebenarnya otaknya belum siap untuk memproses dan tayangan yang mereka lihat

Kebiasaan menggunakan gadget yang buruk dan terus berulang pada anak-anak dikatakan mempengaruhi perkembangan bahasa, pemahaman bacaan, dan memori jangka pendek mereka. Hal ini juga dapat mempengaruhi pola tidur dan  perhatian anak Anda. Kebiasaan menonton apapun yang tidak cocok untuk usia anak, justru akan menjadi seperti “makanan sampah” bagi otak anak. 

Jadi, bagaimana Anda dapat mencegah efek negatif gadget pada anak-anak Anda? Tidak dapat dipungkiri, perkembangan zaman mengharuskan kita turut beradaptasi dalam mendidik anak. Penggunaan gadget yang hampir lumrah bagi anak zaman sekarang dapat kita cegah efek negatifnya dengan menemani anak saat menggunakan gadget. Kemudian, memberikan tontonan yang sesuai dengan anak seusianya. Selain itu kita berikan juga waktu atau batasan untuk menggunakan gadget selama satu jam setiap hari, atau dua jam sehari dengan satu jam pada pagi hari dan satu jamnya lagi saat sore hari 

Nah, untuk para orangtua yang kebingungan dengan apa saja tontonan gadget yang cocok untuk anak-anak. Berikut saya berikan rekomendasi tontonan channel youtube, yang dijamin akan menambah pengetahuan anak Anda.

1. CilukPa

Apakah Anda membutuhkan referensi channel YouTube untuk mengajarkan banyak kosakata kepada anak yang sudah memasuki tahap berbicara? Anda juga dapat pergi ke saluran YouTube CilukPa. Di sini anak-anak tidak hanya mempelajari kata-kata baru, tetapi juga mendapatkan edukasi tentang berbagai jenis warna, mempelajari bentuk dan angka, mengenali nama hewan, membaca alfabet, dan bahkan anak-anak dapat mendengarkan hingga ikut bernyanyi lagu anak-anak yang sangat menyenangkan.

2. Edukasi Anak Indonesia

Channel YouTube yang diberi nama Edukasi Anak Indonesia ini mencakup video menarik penuh edukasi  tentang buah-buahan, hewan, ternak, tentang sayuran, tentang transportasi, bagian tubuh, nama-nama makanan, lagu anak-anak Indonesia, dan masih banyak lagi. Videonya dikemas dalam tayangan menarik dengan berbagai tokoh animasi yang memberikan edukasi tersebut.

3. Nussa Official

Rekomendasi channel berikutnya ialah Nussa Official. Channel Youtube karya anak bangsa ini merupakan salah satu channel untuk anak-anak yang populer. Nussa Official bercerita tentang dua animasi kakak beradik dengan nuansa Islami: Nussa dan Lara. Dengan memberikan saluran YouTube ini, Anda dapat mengedukasi anak-anak Anda nilai-nilai agama dan  kehidupan .Karakter Umma, Nussa, dan Rara dalam serial channel YouTube ini kerap mengajarkan banyak hal untuk membantu orangtuanya sejak dini. Video edukasi Nussa dan Lara sering kali memuat ayat-ayat Alquran dan lantunan hadits Nabi SAW Indonesia

4. Kids TV Indonesia

Berikutnya ada Channel YouTube Kids TV Indonesia yang juga sangat menarik untuk memberikan edukasi untuk anak-anak. Konten channel youtube ini selain mengajarkan lagu anak- anak, juga memberikan edukasi menarik lain yang sangat beragam. Contohnya, pengenalan warna, permainan angka, pengenalan karakter, dan memahami bentuk objek. Salah satu karakter di saluran YouTube Kids TV  Bob the Train akan memberikan edukasi yang menarik kepada anak-anak anda. Channel YouTube ini cukup lengkap dengan gambar animasi  penuh warna cerah.

5.  Riko The Series

Channel YouTube islami berjudul Riko The Series ini berkisah tentang seorang anak kecil bernama Riko dan seluruh keluarganya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Selain cerita bertema edukasi yang akan disukai anak Anda, Rico the Series juga memiliki koleksi video  pengenalan ayat-ayat Alquran dalam animasi yang tidak membosankan. Pemberian konten edukasi di setiap video juga sangat mudah dipahami. Apakah Anda sudah berlangganan dan memberikan anak tontonan menarik yang mengedukasi ini?

6. Baby Bus

Channel youtube penuh edukasi yang saya rekomendasikan berikutnya ialah channel Baby Bus. Channel ini merupakan salah satu channel yang juga populer dan telah ditonton oleh jutaan anak-anak. Baby bus memiliki konsep belajar yang menyenangkan. Konsep tersebut mereka tuangkan lewat karakter panda yang sangat lucu serta animasi 2D dan 3D lain yang menyenangkan dan penuh warna. Karakter-karakter tersebut, mengisi berbagai video pendidikan yang disajikan kepada anak-anak dalam bentuk cerita dengan tema yang berbeda-beda.

7. Uwa and Friends

Terakhir,, ada channel Youtube yang terkenal karen mengajarkan lagu anak-anak dengan video klip yang menarik dan penuh warna. Dilansir dari laman Uwa and Friends, channel youtube didasari ide untuk  memberikan beragam edukasi untuk balita usia pra sekolah atau anak-anak paud di kawasan Indonesia dan wilayah Asia Tenggara. Channel youtube ini, selain berisi kumpulan lagu, juga berisi film kartun animasi untuk mendidik karakter anak, serta kumpulan cerita dongeng yang berisi banyak nilai-nilai kebaikan yang bagus sebelum tidur.a. Karakter Uwa and Friends juga memiliki 3 karakter animasi yang sangat menarik minat anak. 3 karakter tersebut diambil berdasarkan 3 satwa langka kebanggaan Indonesia seperti Uwa (sang orangutan), Mica (seekor harimau yang cantik), dan Pito (si badak yang sangat lucu). Selain ketiga tokoh utama itu, masih banyak satwa lainnya yang ikut memeriahkan setiap video edukatif di channel youtube Uwa and Friends. 

7 channel youtube diatas hanya segelintir rekomendasi yang pastinya akan mengedukasi anak. Selain mencari channel yang tepat, para orang tua harus selalu memastikan, bahwa youtube yang diberikan ke anak merupakan youtube khusus anak yang dapat diatur. Ini untuk mencegah munculnya iklan yang membuat anak-anak hilang fokus. Serta yang terpenting untuk selalu menemani anak dan memberi batasan waktu saat memainkan gadget atau menonton youtube!