Categories
Edukasi untuk Anak

Segudang Manfaat  Lego Untuk Anak

Mengajari anak permainan yang menyenangkan sangat penting untuk pertumbuhan anak. Permainan terbaik ialah permainan yang dapat melatih kemampuan motorik anak dan semakin membuat anak aktif untuk berinteraksi dengan orang tua maupun orang-orang disekitarnya. Salah satu permainan yang bagus dan banyak direkomendasikan orang ialah permainan lego. 

Lego merupakan permainan menyusun bangunan, kendaraan, perabot, perkakas, dan lainnya. Dilansir dari sekilasmedia.com, lego adalah permainan plastik yang dapat dikunci dan dapat dibentuk oleh anak menyesuaikan bentuk-bentuk potongan lego. Lego pada dasarnya didominasi oleh bata plastik  yang dapat disusun menjadi berbagai bentuk

Produk lego sendiri memiliki banyak warna dan ukuran yang beragam. Hal itu dilakukan agar anak-anak dapat bebas memilih lego yang dipakai. Hasilnya otak anak-anak akan terasah, serta kemampuan kreatif dan inovatifnya yang berkembang. Adapun info lebih detail tentang manfaat lego untuk anak diantaranya.

1. Memperkenalkan Berbagai Warna dan Bentuk

Permainan lego yang terdiri dari banyak warna dan variasi bentuk otomatis akan memperkenalkan anak yang baru tumbuh dengan variasi akan warna dan bentuk yang akan ia sering temui nantinya. Variasi warna dan bentuk itu akan memperkaya pengetahuan umum si anak. Setiap anak tidak mengetahui jenis warna atau bentuk lego yang ia pilih, anak dapat mencari tahunya dari orang sekitar dan hal ini akan membuat anak cepat mengingat hal-hal baru yang ia temui. 

2. Mengasah Keterampilan Motorik 

Saat menyusun lego, anak-anak akan terlatih untuk menggunakan tangan serta jari-jarinya untuk menguatkan atau menempelkan lego. Lego yang memiliki bentuk berbeda-beda serta membutuhkan kemampuan menekan lego yang berbeda-beda akan mengharuskan anak anda menggunakan kekuatan yang terpusat di jari-jari tangan mereka.

3. Menumbuhkan Kreativitas 

Dalam menyusun lego yang bervariasi dengan banyak warna dan bentuk akan merangsang kreativitas anak. Lego yang harus disusun akan menumbuhkan daya imajinasi anak tanpa takut akan salah. Imajinasi yang berkembang akan semakin meningkatkan kreativitas seorang anak.

4. Meningkatkan Kegigihan

Saat menyusun lego tidak dapat dipungkiri bentuk yang dibuat dapat tidak sesuai keinginan anak atau bahkan gagal terbentuk. Hal ini tentunya dapat menumbuhkan kemampuan anak untuk tidak gampang menyerah. Anak-anak akan semakin terlatih untuk gigih dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

5. Mengasah Kepercayaan Diri

Permainan lego dapat membuat anak-anak merasa puas dan semakin percaya diri jika bentuk yang dia inginkan dapat terbentuk. Rancangan yang dipikirkan anak entah itu sengaja ataupun hanya spontan merupakan awal dari tumbuhnya kemampuan anak dalam merencanakan tujuan sebelum memulai suatu kegiatan. Akan tetapi, hal ini bisa tidak terjadi jika anak kita lepas begitu saja tanpa didampingi oleh orang tua.

6. Mengasah Daya Analitis dan Kemampuan Anak dalam Berpikir Sistematis

Permainan lego tidak hanya dapat dibangun asal begitu saja. Tanpa sadar saat berpikir untuk merencanakan permainan lego, anak-anak akan mengembangkan kemampuan analitis dan berpikir sistematis dengan fokus pada hal-hal penting, detail dalam memperhatikan tiap item-item pada lego, dan mencari solusi hingga bentuk lego yang diinginkan selesai.

7. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Anak-anak dalam bermain menyusun lego tidak selalu hanya diam dalam menyusun dan bermain lego tersebut. Anak-anak biasanya juga akan otomatis berusaha bertanya dan berkomunikasi dengan orang- orang yang berada di dekatnya. Berkomunikasi untuk menanyakan cara menyusun lego, cara melepaskan potongan lego, ingin memastikan lego yang yang ias susun terlihat bagus atau benar, sekedar memamerkan hasil susunan lego yang menurutnya keren, dan masih banyak lagi yang biasanya akan dikomunikasikan oleh anak. Hal ini tentu berdampak positif bagi si anak, sehingga menjadi pribadi yang komunikatif dan aktif dalam bersosialisasi.

Walaupun banyak manfaat yang didapat anak-anak saat bermain lego, hal itu tidak membuat serta merta anak dapat ditinggal begitu saja tanpa pengawasan dan dibiarkan bermain sendiri. Jika itu terjadi, semua manfaat diatas tidak dapat diperoleh dengan maksimal. Bahkan berpeluang menimbulkan rasa frustasi pada anak yang ditinggalkan sendiri dan tidak menemukan orang  yang dapat ditanyakan saat kebingungan. Berikut merupakan hal-hal yang harus diperhatikan saat memberikan anak permainan lego.

1. Mendampingi Anak Saat Bermain

Sebenarnya, saat anak beraktivitas tidak hanya saat bermain lego saja orang tua harus selalu menemani dan mendampinginya. Orang tua harus tetap ada disamping anak agar tidak melakukan hal-hal yang membahayakan semisal, memakan atau menjilat lego, memasukkan lego ke lubang hidung atau telinga, mematahkan lego, dan lainnya. Selain itu, saat orang tua berada di samping anak, orang tua dapat membimbing langsung anak saat merasa kebingungan atau kesusahan, saat merasa senang karena legonya selesai, bahkan saat ia sedih saat legonya gagal terbentuk. Hal ini dilakukan agar terdapat hubungan yang intim antara anak dan orang tua yang hangat. Perlu diingat juga, bahwa saat mendampingi anak orang tua jangan mendampinginya sambil sibuk bermain gadget, karena hal itu justru membuat anak merasa diacuhkan.

2. Memilih Lego Ukuran Besar

Anak-anak harus diberikan lego yang berukuran besar untuk meminimalisir kemungkinan tertelan atau dimasukkan ke lubang hidup dan telinga. Lego berukuran besar juga dapat membuat anak senang dengan hanya memegang nya.

3. Mengajarkan Kebersihan

Terakhir, yang tidak kalah penting nya yaitu, orang tua harus senantiasa mengingatkan anak akan kebersihan saat bermain. Setelah bermain, diingatkan untuk merapikan lego dan menyimpannya kembali ke tempat ia mengambilnya. Hal ini berguna untuk melatih anak agar selalu rapi, teratur, bersih dan disiplin.

Lego sendiri di Indonesia sangat mudah untuk ditemui. Banyak toko-toko mainan besar hingga kecil akan membuat para orang tua tersenyum saat mencari mainan lego. Anda memiliki banyak pilihan untuk memilih produk lego yang diinginkan. Toko mainan biasanya memiliki rangkaian produk lego seperti bata lego, tangga, pelindung lumpur kendaraan, pesawat terbang, pesawat hias, produk veneer, dan sebagainya dengan biaya yang hampir sama dan tetap terjangkau di semua kalangan. Menjelajahi produk di toko lego baik offline maupun online jauh lebih mudah daripada yang Anda kira. Foto-foto cerah yang dipadukan dengan deskripsi produk yang sangat baik akan benar-benar memberi Anda perasaan terbaik dalam berbelanja.

Itulah manfaat-manfaat lego yang semoga dapat berguna untuk para orang tua dan buah hatinya.